Peringati Hari Otda, Pemerintah Diharapkan Tidak Absen

korpri upacaraPURBALINGGA, Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke 19, pemerintah daerah (Pemda) diharapkan tidak absen dalam membangun tata kelola pemerintahan. Membangun tata kelola yang baik, bersih, efektif, demokratis dan terpercaya merupaka salah satu visi misi nawacita Presiden Jokowi.

Peringatan Otda Kabupaten Purbalingga dilaksanakan di Halaman Pendopo Dipokusumo,  yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Sekretariat Daerah, Badan, Dinas, Kantor pada tingkat Kabupaten. Pelaksanaan upacara seyogyannya dilaksanakan pada Sabtu (25/4), namun karena hari libur maka di undur pada Senin (27/4).

Asisten Pemerintahan, Kodadiyanto pada saat membacakan amanat Mendagri mengatakan  untuk membentuk tata kelola pemerintahan yang baik, pertama diperlukan SDM Aparatur yang professional. Kedua adanya regulasi yang dapat mengidentifikasi kapasitas daerah yang dimiliki.

Ketiga adanya keterjangkauan pelayanan kepada masyarakat disemua wilayah, dengan memperhatikan skala ekonomis dalam pelaksanaannya. Yang keempat adalah mendorong munculnya para pemimpin daerah yang kapabel dalam merespon berbagai permasalahan di masyarakat.

Pada kesempatan itu juga, Kodadiyanto memperingatkan kepada seluruh jajaran SKPD agar memperhatikan capaian kinerja tri wulan ke dua. Masing-masing SKPD harus menggenjot kinerjanya agar tidak terjadi keterlambatan capaian sasaran.

“Peningkatan kinerja harus memperhatikan prinsip tepat mutu, tepat waktu dan tepat sasaran,” ujar Kodadiyanto.

Peringatan hari Otda kali ini mengangkat tema “Menghadirkan Pemerintahan Daerah yang Demokratis dan Melayani Masyarakat dalam Mendorong Terbentuknya Daya Saing, Kreatifitas dan Inovasi dengan Mengandalkan Kekhasan Daerah Demi Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat.” (Sapto Suhardiyo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *