Bupati Lantik 18 Kepala UPT Dindik

Pelantikan Ka UPT Dindik3(2)PURBALINGGA, HUMAS– Setelah melantik Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Purbalingga dua minggu yang lalu. Sekarang tiba giliran 18 orang Kepala UPT Dindik Kecamatan serta 100 orang Kepala Sekolah di lantik Bupati Purbalingga. Untuk kepala SMK sebanyak 3 orang, kepala SMP sebanyak 27 orang dan kepala SD sebanyak 70 orang, Kamis (27/3)

Dengan dilantikannya kepala UPT Dindik dan Kepala Sekolah ini diharapkan para terlantik dapat menjalankan amanah dengan penuh tangungjawab. Tugas yang terpikul di pundak adalah tugas yang sangat mulia yaitu mencerdaskan generasi penerus anak bangsa sebagai generasi emas Indonesia.

Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan tugas para terlantik adalah sangat berat karena banyak sekali tantangan dalam pendidikan. Perlu diketahui pemerintah daerah (pemda) tidak main-main dalam kesiapan menyelenggarakan pendidikan. Pemda telah mengangagarkan dana sebesar 76 milyar atau 15,34 % dari total APBD.

“Alhamdulilah Pendidikan di Purbalingga sudah cukup baik hal ini terlihat dari penyelenggaraan PAUD telah mencapai 52,81% atau sekitar 24.000 anak dari 46.000 anak usia PAUD. Angka melanjutkan sekolah di Purbalingga juga cukup tinggi yaitu 98,73 % untuk jenjang SMP sederajat dan 74,69% yang melanjutkan ke jenjang SMA sederajat” kata Sukento

Bupati berpesan kepada Kepala Dindik untuk mengkaji rasio perbandingan jumlah guru dengan murid sebesar 1 banding 17, juga perbandingan adanya rasio ruang kelas dengan jumlah penduduk usia sekolah sebesar 1 banding 253. Selain itu juga Kepala Dindik diharapkan dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dikarenakan APK Purbalingga sebesar 96 % masih di bawah APK Nasional sebesar 97%.

“Saya juga berpesan kepada seluruh terlantik untuk Education for all, yaitu pendidikan untuk semua, dalam pendidikan tidak boleh ada yang dikecualikan. Ada yang lapor ke saya gara-gara tidak membayar tidak diberi kartu ujian, sehingga menimbulkan psikologi effek kepada anak tersebut karena sedang mengikuti ujian, saya mohon kejadian seperti ini jangan terulang lagi” tegas Sukento

Bupati juga menandaskan agar seluruh insan pendidikan diharapkan untuk menciptakan rumah pendidikan. Dengan cara menciptakan budaya pendidikan bukan hanya di sekolah tetapi di setiap rumah, karena anak didik sekarang lebih suka menonton televisi dan membuka tablet.

“Saya harapkan kepada semua terlantik untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional tahun 2014 dan kurikulum tahun 2013 sebaik mungkin” kata Sukento.

Data kepala UPT Dindik yang baru dilantik sebagai berikut Ruwiyo sebagai kepala UPT Dindik Kecamatan Kemangkon, Sriyono Kepala UPT Dindik Kecamatan Mrebet, Sukatno Prayitno Kepala UPT Dindik Kecamatan Kejobong, Mahdum Ismail Kepala UPT Dindik Pengadegan, Tohid kepala UPT Dindink Kecamatan Kaligondang, Tohirin kepala UPT Dindik Kecamatan Purbalingga, Medi kepala UPT Dindik Kalimanah, Priharjono Kepala UPT Dindik Padamara, Daryanto kepala UPT Dindik Kutasari, Amrul Dzikri kepala UPT Dindik Bojongsari, Sunaryati kepala UPT Dindik Kecamatan Bukateja, Subroto Kepala Dindik Kecamatan Rembang, Ratam kepala UPT Dindik Kecamatan Karangreja, Haryanto kepala Dindik kecamatan Karangjambu, Yohanes Hariyanto kepala UPT Dindik Kertanegara, Suwito Kepala UPT Dindik kecamatan Bobotsari, Aji Susmanunggal kepala UPT Dindik Karanganyar, Zaenu kepala UPT Dindik Karangmoncol, Sumito kepala UPT Dindik Kecamatan Bobotsari. (dy)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *