PNS Parwisata Tak Libur Selama Cuti Lebaran

PURBALINGGA – Berbeda dengan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya di Pemkab Purbalingga, PNS yang bertugas di Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) tidak mendapat libur selama cuti lebaran. Bahkan, pada hari H lebaran, beberapa PNS juga tetap masuk kerja dan disiagakan di obyek wisata.

“Cuti bersama Idul Fitri dan libur bersama mulai tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus, tidak kami berlakukan bagi para PNS yang bertugas di Bidang Pariwisata. Bahkan, pada hari H lebaran dan H+1, sudah kami tugaskan ke obyek wisata khususnya di Goa Lawa,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si, Jum’at (25/7).

Dikatakan Prayitno, kebijakan untuk tidak cuti bagi sejumlah PNS dikandung maksud untuk memberikan memberikan pelayanan yang  terbaik kepada para wisatawan. Libur selama Idul Fitri justru tempat-tempat wisata menjadi kunjungan masyarakat dan para pemudik. “Kami ingin memberikan  pelayanan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata,” kata Prayitno.

Prayitno menambahkan, karena keterbatasan personil, pihaknya juga meminta bantuan kepada PNS di Bidang lain seperti Bidang Pemuda dan Olah Raga, Bidang Kebudayaan serta Sekretariat Dinas untuk ikut bertugas di obyek wisata Goa Lawa. “Mulai hari H Idul Fitri sudah ada PNS yang bertugas di obyek wisata, dan  H+ 1 Idul Fitri atau tanggal 29 Juli hingga H + 6, staf Bidang Pariwisata full bertugas di obyek wisata Goa Lawa,” tambah Prayitno.

Dibagian lain Prayitno mengatakan, komitmen untuk memberikan pelayanan kepada para wisatawan ini juga sebagaimana arahan Bupati Purbalingga. “Kabupaten Purbalingga menjadi kota wisata dan industri, oleh karenanya, peluang mudik dan liburan harus dimanfaatkan sebaik mungkin guna menyedot kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata di Purbalingga,” kata Prayitno.

Sementara itu Bupati Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan, berbagai potensi pariwisata  di wilayah Purbalingga sudah siap menerima kunjungan wisatawan selama libur lebaran mendatang. Para pengelola obyek wisata, sudah mempercantik diri dan menyiapkan berbagai wahana baru untuk menarik perhatian pengunjung. Sekaligus member kepuasan kepada wisatawan yang berkunjung.

“Purbasari Pancuranmas sudah menyiapkan wahana baru. Minggu (27/7) besok  diresmikan. Owabong juga sudah bersih-bersih. Termasuk Walik dan Goa Lawa. Intinya semua obyek sudah siap. Saya mentargetkan kunjungan paling tidak lebih dari 200 ribu wisatawan,” ujar Sukento Rido Marhaendrianto, kemarin.

Dikatakan Sukento, pihak Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas desa Purbayasa Kecamatan Padamara sudah menambah 60 jenis burung impor untuk melengkapi koleksi unggas yang sudah ada. Dengan bertambahnya koleksi satwa ini, Purbasari setidaknya memiliki lebih dari 100 spesies burung dan unggas baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Disamping suguhan menarik lainnya yang sudah ada seperti river word, play ground, water boom, kolam renang anak dan dewasa, bioskop 3 dimansi dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) sebagai wisata andalan Purbalingga juga sudah menyiapkan diri dengan melakukan bersih-bersih sumber air. Owabong yang berada di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsari dapat ditempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Purbalingga ke arah utara. Saat berkunjung ke Owabong, para wisatawan akan disuguhi banyak wahana arena bermain seperti kolam Olympic, waterboom spiral dan torpedo, kolam ember tumpah, dan kolam pesta air untuk anak. Selain itu terdapat pantai bebas tsunami, kolam air hangat, terapi ikan, sirkuit gokart, flying fox, anjungan wisata dirgantara, bioskop 4 dimansi dan jet coaster.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Sanggaluri Park di Kutasari tak jauh dari lokasi Owabong dan Arena wisata keluarga Usman Janatin Park yang berada di tengah kota. Keduanya merupakan obyek wisata yang sama-sama dikelola oleh manajemen Owabong.

Di obyek wisata goa bawah tanah, Goa Lawa akan dihibur pentas musik dangdut selama lima hari berturut-turut , mulai H+1 lebaran pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2014. Selain itu, Goa Lawa yang berada di desa Siwarak Kecamatan Karangreja, juga menghadirkan wahana baru berupa arena outbond, Goa Lorong Kereta dan penambahan sejumlah gazebo serta fasilitas ruang kesehatan. (y)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *